Uji Skill Murid SMK 2 Manokwari Bertarung ditengah Pandemi Covid19

• Oleh Muhammad Abdul Majid

Siswa-Siswa Sekolah Menegah Kejuruan SMK Negeri 2 Manokwari, berhasil mewakili Provinsi Papua Barat, sebagai peserta yang lolos seleksi uji kompetensi Nasional ke XXVII yang digelar Kemendikbud.

Amos Dereby, Siswa Kelas XII SMK Jurusan Elektrikal atau Instalasi Tenaga Listrik merupakan satu diantara seluruh perwakilan peserta dari 34 Provinsi Se Indonesia

Amos menyiapkan peralatan lomba di sebuah kamar Rumah, kemudian mengembangkan skil yang dimiliki yang ditunjukan melalui layar monitor.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Manokwari, Regina Wutoy M.Pd mengatakan, untuk Tahun 2020 terdapat dua siswa yang lolos dalam seleksi Nasional, yakni uji kopetensi dibidang Keahlian Pengelasan dan uji kopentensi di bidang keahlian Instalasi Tenaga Listrik Elektrikal.

“Untuk Uji Kompetensi Pengelasan sudah diikuti oleh siswa kami Pieter Sarwa Siswa Kelas XII kemarin pada Hari Jumat pekan yang lalu, durasinya dari Jam.09 00 Wit (Pagi) hingga pukul 19.00 Wit (Malam) Hasilnya sudah kami kirim ke Jakarta” kata Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Manokwari, Selasa 20 Oktober 2020.

Lebih lanjut, kata Regina Wutoy, untuk Uji Kompetensi di bidang Instalasi Tenaga Listrik digelar Selasa 20 Oktober 2020 dimulai sejak Pukul 14.00 Wit hingga Selesai.

“Yang menjadi kendala jangan sampai ada gangguan terutama pemadaman listrik atau Akses Jaringan Internet terputus ketika Lomba sedang berlangsung, kalau lomba kemarin di Hari Jumat, Puji Tuhan berjalan lancar” katanya.

Dia mengungkap persiapan menghadapi lomba tingkat Nasional saat ini, sebelumnga sejumlah siswa SMK diberikan pembekalan berbasis magang di Balai Latihan Jayapura, Provinsi Papua.

“Magang dilakukan selama 3 Bulan di Tahun 2019 lalu tujuanya menambah wawasan para Murid SMK dan dapat mengembangkan Ilmu yang didapatkan dari Sekolah” jelasnya.

“Setelah Magang, pada seleksi Uji Kompetensi tingkat Provinsi, dua SMK 3 Lolos di tingkat Nasional, ini satu langkah maju terutama bagi SDM kita di SMK” ungkapnya.

Regina selaku Kepala Sekolah menegaskan kepada Para siswa bahwa terus mengembangkan Ilmu Pengetahuan yang dimiliki, jangan sampai kalah hanya karena Situasi saat ini ditengah Pandemi Covid19.

“Untuk para Siswa mari terus kembangkan Ilmu Pengetahuan yang ada, kita tidak boleh kalah dari Pandemi Covid19 saat ini” tegasnya.

Sumber : https://kongkrit.com/uji-skill-murid-smk-2-manokwari-bertarung-ditengah-pandemi-covid19-dalam-lomba-nasional-instalasi-listrik/